Blogroll

4 TOP MENGENAL KEKURANGAN DIRI

CARA MENGENAL KEKURANGAN DIRI:


4 TOP  MENGENAL KEKURANGAN DIRI


4 Top  Mengenal Kekurangan Diri -Ada berbagai cara untuk mengenal atau mengetahui kekurangan diri dalam kehidupan kita sebagaimana disampaikan oleh Imam Al- Ghazali memberi petunjuk empat langkah yang perlu diikuti; 
1.Perangai jelek dan kekurangan seseorang biasa juga diketahui melalui omongan atau tulisan orang-   orang yang kurang senang atau membencinnya. Sebab biasanya mereka itulah yang sangat sergap dan terampil menangkap cacat kekurangan atau keburukan orang yang tak disukai atau dimusuhinya, sebagai-mana tangakas dan lekasnya seseorang melihat kebaikan teman akrapnya. 
 2.Jumpailah seorang guru, pendidik, ulama atau intelektual plus atau kaum ‘Ulul Albab’ yang memiliki wawasan dan Ilmu pengetahuan yang luas, termasuk ilmu jiwa dan dapat melihat dengan mata hati lahir dan bathin. 
3.Temuilah kawan kerabat atau sahabat dekat yang dikenal kejujuarannya, berpandangan dan bervisi luas, taat beragama dan istiqamah, serta ia dapat menunjukkan tabiat dan kelakuan kita yang buruk-buruk. 
4. Bergaullah dan perluaskan pergaulan serta sambunglah silaturrahmi. Karena dengan begitu, dapat dipantau atau dapat diamati apa gerangan yang disukai atau mana yang tidak disukai oleh orang banyak. Inilah pesan-pesan Imam Ghazali kepada kita kiranya menjadi barometer dalam gerak langkah insani dapat menjadi pentunjuk dalam kehidupan. Memperhatikan wacana yang disampai-kan oleh Imam Al Ghazali ini kiranya dapat menjadi acuan dalam memilih teman dan pemimpin yang tepat. Baik dari guru dengan guru, siswa dengan siswa, atau siswa dengan guru dalam menyikapi persoalan lingkungan belajar, keluarga dan masyarakat. Akhlak yang baik diilhami oleh qalbu (hati) yang tulus dalam melaksanakan berbagai kegiatan dalam hubungan dengan manusia dan dengan sang pencipta—al-khaliq. Amaran ini ditulis untuk menguatkan cara-cara berfikir dan bertindak memenuhi koridor pandangan islam, dan akan sangat bermakna jika para pembaca sependapat dengan amaran ini.Dalam hal ini, kita dianjurkan dengan orang-orang yang baik, lembut dan berilmu dunia dan akhirat. 

Demikian sekilas tentang; 4 Top  Mengenal Kekurangan Diri, semoga bermanfaat. Wallahu’alabissawab. ---

0 Response to "4 TOP MENGENAL KEKURANGAN DIRI"